ASSALAMUALAIKUM.WR.WB_SELAMAT DATANG DI BIMZZ90.BLOGSPOT.COM_ © 2011

Thursday, June 16, 2011

Kesempatan Masuk PTN bagi Siswa Kurang Mampu Semakin Besar

Jakarta -- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur ujian tertulis telah dibuka mulai hari ini. Kesempatan masuk PTN bagi siswa dari keluarga kurang mampu semakin besar, karena daya tampung  meningkat.



"Ini sangat membahagiakan karena dengan naiknya daya tampung itu berarti semakin terbuka akses kesempatan adik-adik kita untuk masuk PTN," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh seusai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kementerian Pendidikan Nasional, Senin (2/05).

Mulai tahun ini, PTN berkewajiban untuk menerima 20 persen dari mahasiswa yang diterima berasal dari keluarga tidak mampu.  Dengan naiknya kuota itu, kata Mendiknas, berarti kesempatan untuk masuk ke PTN dari keluarga yang tidak mampu semakin besar. "Kewajiban bagi perguruan tinggi untuk menerima mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu itu."

Adapun Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso menyampaikan, daya tampung tahun ini sebanyak 108.535 dari 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia naik dari tahun lalu sebanyak 82 ribu. "Kenaikan daya tampung disebabkan berdirinya perguruan tinggi negeri baru, pembukaan program studi baru, dan adanya kuota 60 persen penerimaan mahasiswa baru harus lewat SNMPTN," ucapnya.

Daya tampung jalur undangan, yang  diumumkan pada 18 Mei, sebanyak 53.790 dengan jumlah pendaftar sebanyak 233 ribu. (agung)

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls